Cara Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah - Pecah



Salah satu bagian tubuh yang menjadi daya tarik seseorang adalah bibir. Bagi pria maupun wanita, bibir menjadi komponen penting yang harus diperhatikan dalam menunjang penampilan. Kondisi bibir yang kering dan pecah-pecah dapat menjadi masalah bagi penampilan seseorang.

Umumnya para wanita menggunakan lipstick atau produk kosmetik lainnya untuk mengatasi masalah tersebut, akan tetapi tidak sepenuhnya berhasil. Bahkan dapat menimbulkan masalah bagi kesehatan, salah satunya adalah kanker kulit. Bibir menjadi kering dapat disebabkan oleh beberapa factor. Seperti: lipstick, dehidrasi, merokok, kafein, sinar matahari, dan kurangnya vitamin C.


Bagaimana cara mengatasi bibir kering?

Berikut ini telah kami rangkum bagaimana cara mengatasi bibir kering. Mengatasi masalah bibir kering dapat dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami.

1.      Lemon dan madu
Madu dapat melembabkan bibir, sedangkan lemon kaya akan kandungan Vitamin C sehingga dapat mencegah terjadinya pigmentasi. Cara: perasan lemon dicampur dengan beberapa tetes madu. Kemudian oleskan pada bagian bibir yang kering. Lakukan cara ini sebanyak 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2.      Mentimun
Mentimun banyak mengandung vitamin C yang berkhasiat untuk melembabkan bibir. Cara: buah mentimun diiris tipis, kemudian diletakkan diatas bibir hingga air buah mentimun merasuk ke dalam kulit bibir, lalu didibilas sampai bersih.

3.      Ekstrak lidah buaya
Selain bermanfaat untuk merawat kulit kering, ekstrak lidah buaya juga membantu melembabkan dan memlembutkan kulit bibir. Penggunaan ekstrak lidah buaya hanya cukup dengan mengoleskannya pada bagian bibir yang kering.



4.      Jeruk
Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah jeruk, menyebabkan buah ini dapat bermanfaat untuk melembabkan kulit bibir. Buah jeruk ini cukup dikonsumsi langsung sebanyak 10 mg per kali berat badan. Selain itu, buah jeruk juga dapat diolah menjadi jus. Sebaiknya jus jeruk dikonsumsi secara rutin 2 gelas per hari.

5.      Wortel
Wortel dapat bermanfaat untuk mengatasi bibir kering, membuang kulit mati dan juga dapat memerahkan warna bibir. Caranya, satu buah wortel segar, dicuci bersih dan dikupas, lalu diparut hingga benar-benar halus. Kemudian disaring untuk memisahkan air dengan ampasnya. Airnya dapat langsung diminum. Sedangkan ampasnya dioleskan ke bagian bibir yang kering. Lakukan cara ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6.      Tomat
Buah tomat mengadung vitamin C sehingga dapat bermanfaat untuk melembabkan bibir. Cara: sepotong buah tomat hanya dioleskan dengan gerakan memijat pada bibir. Untuk hasil yang maksimal dapat ditambahkan beberapa tetesan madu pada potongan buah tomat sebelum digunakan.

7.      Minyak zaitun
Kandungan omega 3 serta antioksidan dalam minyak zaitun bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dan mengangkat sel kulit mati sehingga dapat melembabkan bibir. Caranya, minyak zaitun dioleskan pada bibir, kemudian didiamkan selama ±5 menit lalu bilas dengan air hingga bersih. Lakukan secara rutin seminggu 2-3 kali.

8.      Mentega
Mentega dapat membantu melembabkan bibir dan mengatasi bibir pecah-pecah, karena kandungan asam lemak didalamnya. Caranya cukup mengoleskan mentega pada bagian bibir yang kering atau pecah-pecah.

9.      Minum air putih
Salah satu penyebab bibir kering adalah dehidrasi atau kekurangan cairan. Sehingga dengan mengkonsumsi air putih yang cukup maka dapat mengatasi masalah bibir kering.

      Hindari penggunaan lipstick yang berlebihan

Jadi, masalah bibir kering dapat dicegah atau diatasi dengan menggunakan bahan-bahan alami, dan melakukan pola hidup sehat. Selain itu hindari juga penggunaan produk kosmetik yang berlebihan. Demikian uraian tentang cara mengatasi bibir kering.

Bagikan

Jangan lewatkan

Cara Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah - Pecah
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.