Cara Mencegah dan Mengatasi Ambeien Secara Alami



Serat adalah salah satu jenis zat yang terkandung dalam sayuran dan buah, serta dapat membantu pencernaan. Jika tubuh kekurangan serat maka dapat menimbulkan beberapa resiko penyakit, salah satunya adalah ambeien. Ambeien atau wasir berupa benjolan di bagian anus yang diakibatkan oleh pembengkakan pembuluh darah.

Penyakit ambeien bukan penyakit berbahaya, akan tetapi penyakit ini dapat membuat rasa tidak nyaman. Jika ambeien terjadi di dalam anus maka dinamakan ambeien dalam (hemorroid internal). Sedangkan jika terjadi di luar anur dinamakan ambeien luar (hemorroid eksternal).

obat mengatasi ambeien secara lebih cepat dan instan


Penyakit ambeien biasanya ditandai dengan timbulnya beberapa gejala. Berikut ini merupakan gejala-gejala yang ditunjukkan oleh penyakit ambeien:

1.      Terjadinya pendarahan pada bagian anus, dan penderitanya tidak merasakan sakit.

2.      Merasa belum selesai setelah buang air besar, sehingga seseorang akan mengejan lebih kuat. Hal ini akan memperparah ambeien.

3.      Muncul rasa gatal akibat dari anus yang sulit dibersihkan, sehingga dapat menyebabkan infeksi pada kulit.

4.      Ketika duduk dan buang air besar, penderita ambeien akan merasakan tidak nyaman dan muncul rasa sakit.

Ambeien dapat terjadi karena beberapa factor yang menyebabkan pembengkakan pembuluh darah. Factor-faktor antara lain sebagai berikut:

1.      Sembelit
Seseorang yang sembelit atau susah mengeluarkan feses akan mengejan semakin kuat atau menambah tekanan pada pembuluh darah. Sehingga sembelit dapat menyebabkan pembuluh darah disekitar anus megalami pembengkakan. Sembelit dapat disebabkan oleh kurangnya konsumsi sayuran dan buah-buahan yang berserat.

2.      Pola hidup kurang sehat

Kebiasaan mengkonsumsi alcohol, rokok, serta lemak yang berlebihan dapat memicu terjadinya ambeien.

3.      Kurang olah raga dan kurang melakukan aktivitas (sering duduk dalam waktu yang lama). Karena aktivitas dan olah raga dapat meregangkan otot-otot dan aliran darah menjadi lancar.

4.      Berat badan berlebih (obesitas).

Penyakit ambeien dapat dialami oleh siapa saja terutama yang mengalami masalah pada pencernaan. Oleh karena itu, berikut ini kami telah merangkum beberapa cara mengatasi ambeien.

1.      Memperbanyak konsumsi makanan (sayuran dan buah) yang berserat, seperti buah pisang, lidah buaya, dan sayur bayam.

2.      Membatasi konsumsi lemak serta berhenti mengkonsumsi rokok dan alcohol.

3.      Menurunkan berat badan
Berat badan yang berlebih akan menyebabkan lebih banyak tekanan di area bawah tubuh. Oleh karena itu penderita obesitas akan lebih beresiko mengalami ambeien.

4.      Mengontrol konsumsi garam
Konsumsi garam berlebih akan menyebabkan pembesaran pembuluh vena di daerah anus dan bagian lainnya, karena garam berlebih akan menahan cairan di dalam system peredaran darah. Menurut, Kemkes RI batas maksimum konsumsi garam per hari adalah 2 gram atau 5 gram (1 sendok teh).

5.      Memperbanyak minum air putih.
Konsumsi air putih minimal sekitar 1,5-2 liter atau lebih per hari.

6.      Menghindari menahan buang air besar, sehingga tidak terjadi sembelit.

Selain cara yang telah dijelaskan diatas, mengobati ambeien juga dapat menggunakan bahan-bahan alami. Diantaranya:

-          Daun papaya
Cara: daun papaya muda direbus sampai mendidih, kemudian air rebusan tersebut disaring dan didiamkan sampai hangat. Setelah itu diminum pada pagi hari secara teratur.

-          Daun bandotan
Cara: 3 buah pohon bandotan yang sudah bersih direbus hingga mendidih, kemudian disaring dan diambil airnya. Air daun bandotan diminum secara teratur selama 2 minggu untuk membantu mengatasi ambeien.

Penyakit ambeien dapat dicegah atau diatasi dengan melakukan pola hidup yang sehat. Demikian uraian tentang bagaimana cara mengatasi ambeien, semoga dapat membantu anda.

Bagikan

Jangan lewatkan

Cara Mencegah dan Mengatasi Ambeien Secara Alami
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.